Langsung ke konten utama

Unggulan

Fashion

                                FASHION A. Pengetian Fashion           Apa itu fashion? Dan penting kah di dalam kehidupan kita? Fashion adalah suatu model atau gaya pada pakaian, aksesoris yang sudah menjadi bagian dari manusia. Fashion sendiri merupakan hal yang penting bagi manusia ntah itu wanita atau pun laki laki, fashion sendiri adalah ciri khas seseorang. Fashion sudah pasti tidak asing lagi di dengar. Fasion sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia dimana di dalam fashion itu sendiri sudah banyak jenis dan variasi nya,terutama untuk fashion para wanita yang sekarang sudah begitu modern dan banyak modelnya yang bisa di sesuaikan dengan diri kita dan sesuai apa ya ng kita mau, dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusi dan menjadi ciri khasnya  .     Di zaman modern ini fashion juga semakin modern dan di gilai semua orang terutama wanita, sekarang Fashion yang di sukai tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri misalnya fashion korea yang sekarang sangat popule

                      RISET PEMASARAN

A. Pengertian Riset Pemasaran 




       Apa itu riset pemasaran? Sesuai dengan namanya, riset pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran.

Penelitian yang dilakukan di sini, harus dilakukan secara sistematis dan terukur mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, hingga menyimpulkan hasil penelitian yang dilakukan.

Nah sering juga kita salah mengartikan dengan riset pasar. Riset Pasar adalah penelitian terhadap permintaan masyarakat terhadap suatu produk atau suatu hal tertentu. Riset pemasaran sering dilakukan oleh para pebisnis pemula, biasanya mereka melakukan riset pemasaran untuk mengetahui bagaimana cara nya dalam memasarkan suatu produk dengan baik, dengan begitu produk mereka bisa cepat terjual sesuai dengan target. 

Beberapa orang sering merasa rancu dengan istilah riset pemasaran. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang masih menyamakan riset pemasaran dengan riset pasar yang mana sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda.

Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran harus dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan dari riset pemasaran, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh. Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih konkrit dilakukan untuk merebut peluang. 
Riset pemasaran merupakan sebuah langkah penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk membantu menyusun perencanaan pemasaran. Program pemasaran pada tahun yang baru biasanya turut dipengaruhi oleh hasil riset pemasaran yang dilakukan perusahaan di akhir tahun. Riset pemasaran dapat diibaratkan sebagai mata dan telinga perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan dan keinginan konsumen terhadap perusahaan. 

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, riset pemasaran merupakan salah satu kegiatan penelitian yang seringkali dilakukan dalam bidang pemasaran.Biasanya penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran ini bersifat sistematis dan terukur. Hasil dari penelitian tersebut biasanya akan diberikan kepada bagian manajemen untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Perlu diketahui, riset pemasaran ini tidak hanya terpaku pada aspek pasar dan produk saja tetapi juga mencangkup hal-hal luar lainnya. Dengan adanya riset pemasaran ini, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan perbaikan.

Selain itu, pihak manajemen juga bisa menggunakan hasil riset sebagai  bahan untuk menyusun rencana strategi yang sesuai dengan kondisi pasar.

B. Contoh Riset Pemasaran 

Zaman sekarang fashion sudah sangat melekat di dalam diri manusia, dan fashion banyak sekali model nya,ini lah yang menjadi daya tarik seseorang untuk berfashion, apalagi fashion muslim yang kini sedang naik.

Misalnya kita akan menjual kerudung, sebelum nya kita harus melakukan riset pemasaran terlebih dahulu contohnya kerudung jenis apakah yang sekarang sedang banyak di gemari apakah pashmina atau kah yang lain, dan kita juga harus mengetahui warna apa saja yang di gemari oleh masyarakat apakah yang mencolok ataukah yang soft dan riset pemasaran ini bisa di jadikan bahan pertimbangan.

Selain itu kita juga perlu melakukan riset pasar seperti melihat semua permintaan masyarakat terhadap model dan warna kerudung, karena itu juga menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, agar kita tidak melakukan kesalahan dalam melakukan usaha kita. 

Nah, itu tadi adalah pengertian riset pemasaran serta contoh riset pemasaran dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. 




Komentar

Postingan Populer